Maret 06, 2016

Jika tidak ada Ferrari, maka tidak akan ada Lamborghini. Kok begitu?

Mobil Lamborghini selalu dicirikan dengan sebuah mobil berperforma tinggi yang menjadi buruan orang berduit dunia. Namun jauh ke belakang, perusahaan asal Italia itu menyimpan sejumlah cerita yang menarik.

Ya, awalnya, produsen Aventador ini didirikan oleh seorang pendiri perusahaan traktor, Ferruccio Lamborghini. Traktor dengan merek Lamborghini Trattori pun dibangun dari bahan baku produksi militer pasca Perang Dunia II yang melimpah kala itu.


 

Setelah Perang Dunia II, Lamborghini yang telah tersohor sebagai mekanik handal di Angkatan Udara Italia memproduksi bisnis traktor yang bahan bakunya berasal dari surplus peralatan militer. Tak disangka, bisnisnya pun kian pesat dan melakukan ekspansi ke sektor infrastruktur, khususnya untuk peralatan pemanas dan pendingin ruangan.

Ferruccio Lamborghini pun berubah menjadi kaya raya dan akhirnya menggeluti hobi mahal dengan membeli sebuah Ferrari 250 GT. Namun, mobil tersebut justru menimbulkan kekecewaan. Sebab, ia justru frustasi karena permasalah kopling hingga akhirnya menemui Enzo Ferrari untuk meminta saran.


Bukan jawaban yang ia dapat, Enzo Ferrari justru melemparkan komentar yang membuat Ferrucio Lamborghini tersinggung. "Masalahnya bukan pada mobilnya, tapi pada pengendaranya!" kata Ferrari.

Yang parahnya lagi, Ferrari pun melontarkan ucapan pedas dengan menyuruh Lamborghini untuk mengurusi traktornya saja. Merasa dihina, Lamborghini pun bersumpah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bakal mematahkan pesona Ferrari.
Kalau anda petrolhead sejati, harusnya tahu kalau Ferrucio Lamborghini (Pendiri Lamborghini) pernah dihina dan diusir Enzo Ferrari (Pendiri Ferrari)saat dia komplain soal kopling Ferrari 250GT-nya yang berkualitas busuk menurut Lamborghini. 

Padahal dulu Lamborghini adalah fans berat Ferrari, tapi karena penghinaan ini, dia sangat membenci Ferrari dan bersumpah bakal membuat mobil yang bisa mengalahkan keangkuhan Ferrari.


Dengan menggaet 3 mantan karyawan Ferrari (Giotto Bizzarini, Franco Scaglione, dan Gian Paolo Dallara) dan bekerja segigih mungkin di Sant’Agata Bolognese, lahirlah Lamborghini 350GT, mobil pertama Lamborghini. Berpuluh-puluh tahun bersaing dengan Ferrari, sudah banyak mobil yang diproduksi Lamborghini seperti Jalpa, Espada, LM002, Miura, Countach, Diablo, Murcielago, Gallardo, Aventador, Huracan, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarkan Filosofimu disini